Abstrak


Kajian Proses Perekrutan Karyawan Pada PT Sumber Alfaria Trijaya Cabang Klaten


Oleh :
Aditya Endra Kurnianta - F3513003 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Tugas akhir ini mengambil judul “Kajian Proses Perekrutan Karyawan Pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Cabang Klaten”. Tujuan penyusunan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui proses rekrutmen yang berlaku di PT. Sumber Alfaria Tijaya Cabang Klaten.
Salah satu faktor yang sangat penting yang harus dimiliki oleh perusahaan adalah sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karena itu, sumber daya manusia perlu mendapatkan perhatian khusus diantaranya adalah dengan melakukan proses rekrutmen yang baik dan objektif.
Dengan dilaksanakannya rekrutmen pada PT Sumber Alfaria Trijaya Cabang Klaten, diharapkan perusahaan memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas, karena keberhasilan suatu perusahaan sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses rekrutmen yang dilakukan oleh departemen sumber daya manusia dan hambatan yang dihadapi oleh departemen sumber daya manusia PT. Sumber Alfaria Trijaya Cabang Klaten. Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis melakukan analisis langsung dengan melakukan magang kerja, guna mengetahui pelaksanaan rekrutmen karyawan pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Cabang Klaten. Proses rekrutmen pegawai yang dilaksanakan oleh departemen sumber daya manusia telah memiliki tahapan-tahapan yang sistematis. Metode yang digunakan PT Sumber Alfaria Trijaya Cabang Klaten dengan menggunakan metode eksternal.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan proses rekrutmen di PT Sumber Alfaria Trijaya Cabang Klaten sudah sesuai dengan teori sumber daya manusia yang ada.
Kata kunci : rekrutmen, sumber daya manusia