Abstrak


Analisis Pengaruh Dan Potensi Pajak Katering Terhadap Pajak Restoran Kabupaten Boyolali (Tahun 2013-2015)


Oleh :
Cornelia Agatha Febrianti - F3413020 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dan potensi pajak katering terhadap kenaikan pajak restoran Kabupaten Boyolali. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data, sumber data, dan teknik pembahasan. Sumber data adalah data primer dan sekunder dengan teknik pembahasan diskriptif yaitu dengan menganalisis penyebab pajak jasa katering bisa menjadi salah satu pajak daerah, menganalisis pengaruh pajak katering dalam meningkatkan pendapatan dari pajak restoran, menganalisis potensi dari pajak katering dalam menaikkan realisasi, serta mengetahui efektivitas dari pemungutan pajak atas jasa katering di Kabupaten Boyolali.
Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa pajak katering memiliki pengaruh yang cukup baik dalam membantu meningkatkan penerimaan pajak restoran meskipun baru diberlakukan di tahun 2013. Meskipun realisasinya cukup baik namun jumlah ini lebih rendah dibandingkan dengan potensi yang seharusnya bisa dicapai. Sisi baiknya, efektivitas dalam memungut pajak katering dinilai sudah cukup efektif.
Berdasarkan hasil studi, penulis memberikan beberapa saran kepada DPPKAD Kabupaten Boyolali yaitu untuk lebih mengoptimalkan dalam penggalian potensi pajak yang seharusnya masih bisa digali untuk pajak katering serta melakukan survey lapangan untuk melakukan pendataanWajib Pajak Baru yang belum terdaftar.


Kata Kunci: Realisasi Pajak, Potensi Pajak, Pajak Restoran.