Abstrak


Asuhan Kebidanan Ibu Nifas pada Ny. N P4A0 Umur 34 Tahun dengan Preeklamsia Ringan di RSUD Surakarta


Oleh :
Mei Fatimah - R0313031 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Angka kematian ibu yang terjadi pada masa nifas sebesar 57 %.  Di RSUD Surakarta angka kejadian nifas dengan preeklamsia ringan sebesar 12, 33 %. 
Tujuan : Mempelajari, memahami asuhan kebidanan pada kasus nifas dengan preeklamsia ringan. 
Metode : Observasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ibu nifas dengan preeklamsia ringan. Tempat : RSUD Surakarta. Pengambilan data melalui wawancara, observasi langsung dan studi dokumen rekam medik. Analisis secara deskriptif berdasar 7 Langkah Varney dan SOAP.
Hasil : Ny. N P4A0 mengeluh nyeri perut dan pusing. Hasil pemeriksaan edema pada kaki, proteinurin (+ 1), leukosit 14.8 ribu/mm3. Selama perawatan diberikan terapi medikamentosa, penjelasan pola diet, anjuran untuk tirah baring, dan observasi tanda vital serta kesembangan cairan. Hasilnya tekanan darah stabil, output dan input stabil, proteinurin negatif, dan leukosit menurun, tidak terjadi komplikasi preeklamsia berat dan syok septik. 
Kesimpulan : Ny. N dilakukan perawatan selama 3 hari, pulang dengan keadaan umum baik, tekanan darah stabil, proteinurin negatif. Tidak terdapat kesenjangan antara asuhan kebidanan dengan teori.  
¬¬¬