Abstrak


Asuhan Kebidanan Ibu Bersalin pada Ny S G2P1A0 dengan Ketuban Pecah Dini di Ponek Rsud Karanganyar


Oleh :
Nurlaili Sri Subiastuti - R0313035 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Angka kematian dan kesakitan ibu yang disebabkan KPD di Jawa Tengah 4,68%. Di RSUD Karanganyar ibu bersalin yang mengalami KPD 32,1%.

Tujuan : Memahami asuhan kebidanan ibu bersalin dengan ketuban pecah dini di RSUD Karanganyar secara komperhensif

Metode penelitian : Observasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ibu bersalin Ny S G2 P1 A0  dengan KPD.Tempat : RSUD Karanganyar. Cara pengambilan data melalui wawancara, observasi langsung dan studi dokumen rekam medik. Analisis dilakukansecara deskriptif

Hasil : Ny S G2P1A0  hamil 40+4 minggu datang dengan keluhan keluar cairan dari vagina, KK (+) pembukaan 2 cm, dilakukan uji lakmus (+) dan pemberian antibiotik untuk pencegahan infeksi dan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui infeksi.Pada akhir pemberian terapi  dan pengawasan ibu mendapat persalinan secara spontan dengan bantuan kristeller dan tidak ada komplikasi.Kesenjangan yang terjadi  pada kasus berupa kristeller.

Kesimpulan : Ny S G2P1A0  hamil 40+4 minggu datang dengan KPD. Setelah diberi penanganan dapat melahirkan spontan dengan bantuan kristeller.