Abstrak


Pengaruh Hypnobirthing terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Trisemester III dalam Menghadapi Persalinan di Klinik Bidan Kita Klaten


Oleh :
Zella Cahyandaru - R1115094 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK
Latar Belakang: Kecemasan yang terjadi pada ibu hamil trimester III apabila tidak ditangani dengan baik dapat memberikan dampak buruk baik bagi ibu maupun janin. Hypnobirthingmerupakansalahsatu teknik yang dapat menurunkan tingkat kecemasan ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhhypnobirthingterhadaptingkatkecemasanibuhamil trimester III dalammenghadapipersalinan di Klinik Bidan Kita Klaten.

Metode: Jenis penelitian ini adalah quasy experimentaldenganpendekatanpretest and posttest with control group design. Penelitian ini dilakukan di Klinik Bidan Kita Klaten. Sampel sebanyak 50 ibu hamil trimester III yang memenuhi kriteria inklusi, dengan metodequota sampling. Variabel independen penelitian ini adalah latihan hypnobirthing dan variabel dependennya adalah tingkat kecemasan ibu hamil trimester III yang dikur dengan kuesioner HRS-Ayang telahdimodifikasidandisesuaikanuntuk penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney dengan program SPSS 16.0.

Hasil Penelitian: Dari hasil uji Wilcoxontingkatkecemasankelompokkontrolpadasaatpretestmaupunposttestdiperolehnilaisignifikansi 0,083,sedangkan pada tingkat kecemasankelompok eksperimen nilai signifikansi sebelumdansesudahmelakukanlatihanhypnobirthingsecarateraturadalah 0,000. Berdasarkan uji Mann Whitney, nilai signifikansi kelompok kontrol dan eksperimen sesudah intervensi adalah 0,000.

Simpulan: Terdapat pengaruhhypnobirthingterhadaptingkatkecemasanibuhamil trimester III dalammenghadapipersalinan di Klinik Bidan Kita Klaten.

Kata kunci: Hypnobirthing, Kecemasan, Ibu Hamil Trimester III