;

Abstrak


Penerapan Metode Survey-Qestion-Read-Recite-Review (SQ3R) denga Media Cetak untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca Intensif pada Siswa Kelas IV SDN Tanjungmeru Tahun Ajaran 2015/2016


Oleh :
Ulsana Puji Lestari - K7112258 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan metode SQ3R dengan media cetak untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif pada siswa kelas IV SDN Tanjungmeru tahun ajaran 2015/2016, (2) meningkatkan keterampilan membaca intensif pada siswa kelas IV SDN Tanjungmeru tahun ajaran 2015/2016 melalui metode SQ3R dengan media cetak, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan metode SQ3R dengan media cetak untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif pada siswa kelas IV SDN Tanjungmeru tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dua pertemuan. Pelaksanaan tindakan tiap siklus sesuai prosedur penelitian yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yang berupa triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa, guru kelas IV, peneliti, teman sejawat, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan nontes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode SQ3R dengan media cetak dilaksanakan melalui lima langkah, yaitu (a) survey, penyampaian materi dan pembacaan sekilas teks yang berasal dari kliping koran, (b) question, pengerjaan tugas membuat pertanyaan, (c) read, pembentukan kelompok dan pembacaan intensif teks, (d) recite, penceritaan kembali isi teks, dan (e) review, pengulangan pokok-pokok penting teks, (2) hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dapat dibuktikan persentase ketuntasan keterampilan membaca intensif dengan KKM >70 pada siklus I sebesar 62,88%, siklus II sebesar 75%, dan siklus III sebesar 84,09%, (3) kendala penerapan metode SQ3R dengan media cetak yaitu: (a) guru kurang melibatkan siswa sehingga siswa kurang aktif saat pembelajaran, (b) guru kurang membagi perhatian kepada semua siswa, dan (c) kurangnya alokasi waktu pembelajaran. Solusinya yaitu: (a) guru melibatkan siswa dengan tanya jawab, (b) guru berkeliling mengecek pekerjaan semua siswa, dan (c) guru lebih memperhatikan alokasi waktu. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan metode Survey-Question-Read-Recite-Review (SQ3R) dengan media cetak dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif kelas IV SDN Tanjungmeru tahun ajaran 2015/2016.

Kata kunci: SQ3R,  media cetak, keterampilan membaca intensif