Abstrak


Kepadatan Sel dan Kadar Lipid Mikroalga Chlorella sp. pada Kultur Media Alternatif Kotoran Ternak


Oleh :
Annisa Febtisuharsi - M0409008 - Fak. MIPA

Energi merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk menjalankan berbagai aktivitas. Energi minyak bumi dengan bahan dasar fosil ketersediaannya sangat terbatas, sehingga perlu dicari sumber energi alternatif yang dapat diperbaharui. Mikroalga Chlorella sp. berpotensi sebagai bahan dasar biodiesel karena memiliki kandungan lipid yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kotoran  ternak sapi, kambing, dan ayam sebagai media kultur alternatif terhadap pertumbuhan Chlorella sp. dan mengetahui jenis kotoran ternak yang paling efektif dalam meningkatkan pertumbuhan Chlorella sp.

Chlorella sp. dikultur dalam wadah 1.000 mL dengan media kultur yang berbeda, yaitu kotoran sapi, kotoran ayam dan kotoran kambing sebanyak 20gr. Aerasi diberikan secara terus menerus sedangkan pencahayaan menggunakan lampu TL 21 Watt yang diberikan selama 24 jam. Variabel yang diamati meliputi kadar nitrogen kotoran ternak, kepadatan sel Chlorella sp., dan kadar lipid pada masa eksponensial. Data kepadatan Chlorella sp., kadar nitrogen kotoran ternak, pH media kultur dan suhu media kultur dianalisis secara deskriptif berdasar hasil pengukuran. Kadar lipid dianalisis dengan menggunakan Analysis of Variance (Anova).

 Hasil dari uji kadar N kotoran ternak didapatkan hasil bahwa kotoran sapi, kambing, ayam berturut-turut sebesar 1,12%, 2,09%, 2,09%. Dilakukan kultur selama 15 hari untuk mengetahui masa puncak pertumbuhan Chlorella sp., dan diperoleh masa puncak yang berbeda – beda. Chlorella sp. yang dikultur dalam media kotoran ternak ayam masa puncak dicapai pada hari ke-7 dengan kepadatan sel 73,83 x 104 sel/mL, sedangkan pada media kontrol, kotoran ternak sapi dan kambing masa puncak dicapai pada hari ke-8 dengan kepadatan sel berturut-turut 65, 83 x 104 sel/mL pada hari ke-8, 70,16 x 104sel/mL pada hari ke-8, 68,58 x 104 sel/mL pada hari ke-8. Hasil dari penelitian menunjukkan kultur mikroalga Chlorella sp. dengan menggunakan media kotoran ayam menunjukkan persentase lipid yang paling tinggi yaitu sebesar 30,69 %, sedangkan menggunakan media kontrol sebesar 14, 27 %, media kotoran sapi sebesar 24, 47 %, media kotoran kambing sebesar 28, 17%.

Kata Kunci: Chlorella sp., kotoran ternak, kepadatan sel, kadar lipid