Abstrak


Klausa Verbal dalam Cerpen Uchibbuka Kal-Ma>´I Karya Li>Na Ki>Lani (Analisis Sintaksis)


Oleh :
Bunga Suryani - C1011009 - Fak. Ilmu Budaya

Penelitian ini mengkaji tentang klausa verbal atau jumlah fi’liyah. Klausa itu sendiri merupakan susunan atau gabungan dari beberapa kata yang terdiri dari subjek dan predikat serta berpotensi untuk menjadi kalimat. Analisis dilakukan berdasarkan struktur dan jenis klausa yang ada pada data.

 

Metode penyediaan data dilakukan dengan teknik simak dan catat. Analisis data menggunakan metode agih dengan teknik dasar bagi unsur langsung dan teknik lanjutan berupa teknik lesap, teknik ganti, dan teknik baca markah. Kemudian, hasil analisis data disajikan dalam bentuk informal.

Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan. Pertama, Klausa verbal yang ada pada cerpen Uchibbuka kal-Ma>´i  berjumlah 87 data. Kedua, berdasarkan strukturnya terdapat klausa lengkap sebanyak 24 data dan klausa tidak lengkap sebanyak 63 data. Ketiga, berdasarkan jenis klausa dalam bahasa Arab terdapat 26 data klausa yang menempati fungsi dalam susunan kalimat yaitu 20 data berjenis al-jumlatu al-wa>qi’atu khabaran, 3 data berjenisal-jumlatu al-wa>qi’atu cha>lan, dan 3 berjenisal-jumlatu al-wa>qi’atu shifatan. Kemudian, terdapat 61 data berjenis klausa yang tidak menempati suatu fungsi dalam susunan kalimat yaitu 11 data berjenis al-jumlatu al-ibtida>iyyatu, 12 data berjenis al-jumlatu al-wa>qi’atu shillati al-maushuli, 1 data berjenis al-jumlatu al-wa>qi’atu jawa>b li’s-syarth ghairu jazi>m, 1 berjenis al-jumlatu a’t-tafsiriyatu, 36 berjenis a’t-ta>bi’atu li jumlatin.