Abstrak


Pembuatan Game 2d “Save The Earth” Berbasis Android


Oleh :
Yosica Nuraeta - M3113150 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Pada saat ini bumi telah mengalami kerusakan yang disebabkan oleh ulah manusia, contohnya kebiasaan membuang sampah sembarangan. Beberapa kerusakan alam yang disebabkan oleh sampah yaitu banjir dan tanah longsor. Oleh karena itu diperlukan adanya sosialisasi kepada masyarakat agar memiliki kesadaran untuk menjaga bumi. Penggunaan Game sebagai sarana sosialisasi akan membuat penyampaian informasi mengenai pelestarian alam lebih menarik.
Proses pembuatan game “SaveThe Earth” ini menggunakan beberapa tahapan yaitu pengumpulan materi, perancangan desain dan proses pembuatan game. Proses pengumpulan materi yaitu proses pengumpulan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat game, proses perancangan desain yaitu proses pembuatan desain objek-objek yang dibutuhkan, dan proses pembuatan game meliputi proses menyatukan desain-desain yang sudah di buat menjadi sebuah game. Pembuatan game ini menggunakan Game Maker Studio dan software desain yaitu Corel Draw.
Penelitian ini menghasilkan sebuah game yang diharapkan dapat mengajarkan kepada pemainnya untuk tidak membuang sampah sembarangan dan senantiasa menjaga bumi dengan menanam pohon sebanyak-banyaknya.


Kata Kunci : Bumi, Game, Game Maker Studio