Abstrak


Penggunaan Pendekatan Starter Experiment (PSE) untuk Meningkatkan Keterampilan Mengomunikasikan Hasil Percobaan Pembentukan Tanah dalam Pembelajaran IPA


Oleh :
Davie - K7112051 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengomunikasikan hasil percobaan pembentukan tanah dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas VB SDN Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta dengan menggunakan Pendekatan Starter Experiment (PSE).

Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SDN Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta yang berjumlah 27 siswa. Terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan setiap siklusnya. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SDN Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.

Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa keterampilan mengomunikasikan hasil percobaan pembentukan tanah siswa kelas VB SDN Mangkubumen kidul No. 16 Surakarta mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan keterampilan mengomunikasikan hasil percobaan pembentukan tanah didukung dengan adanya peningkatan nilai rata-ratanya pada siklus I sebesar 75,28 menjadi 90 pada siklus II. Selain itu, persentase ketuntasan klasikal mengomunikasikan hasil percobaan pembentukan tanah pada siklus I sebesar 25,93% menjadi 88,89% pada siklus II. Selain itu, ada perubahan aktivitas siswa dan kinerja guru selama kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Starter Experiment (PSE). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan Pendekatan Starter Experiment dapat meningkatkan keterampilan mengomunikasikan hasil percobaan pembentukan tanah dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas VB SDN Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta tahun ajaran 2015/2016.

                                                   

Kata kunci: pendekatan starter experiment, keterampilan mengomunikasikan hasil percobaan, proses pembentukan tanah, pembelajaran IPA.