Abstrak


Perancangan dan Pembuatan Aplikasi CARIKOST dengan Metode Simple Additive Weighting Berbasis Web dan Android


Oleh :
Fadhlul Ilmi Khairun - M3113056 - Fak. MIPA

Rumah kost merupakan tempat tinggal yang disewakan bagi perantau yang menetap diarea tertentu dalam jangka waktu tertentu. Sudah banyak teknologi yang menawarkan tentang informasi kost namun masih dianggap kurang efisien karena untuk mencari kost yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan, pencari kost masih harus membandingkan satu persatu fasilitas maupun kriteria-kriteria yang dimiliki kost tersebut.

Metode penelitian yang dilakukan untuk merancang dan membuat aplikasi ini adalah dengan menggunakan metode penelitian waterfall yaitu dengan pengumpulan data, melakukan analisa sistem (menentukan kebutuhan fungsional dan non fungsional), melakukan perancangan (ERD, use case diagram, use case text, sequence diagram, dan class diagram), dan implementasi (coding dan testing). Sistem informasi marketplace ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP berbasis framework Codeigniter 2 dan basis data MySQL. Penggunaan metode Simple Additive Weighting (SAW) pada sebuah sistem pendukung keputusan merupakan salah satu jalan pemecahan masalah yang dapat menangani hal tersebut, dimana pencari kost akan merasa terbantu karena dapat memberikan rekomendasi tempat kost yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Aplikasi yang difokuskan dalam mencari rekomendasi kost yang sesuai dengan kriteria yang sesuai sampai dengan pemesanan untuk kamar kost tersebut dapat dilakukan dengan aplikasi ini. Dengan adanya Aplikasi ini diharapkan dapat membantu para pencari kost untuk mendapatkan rekomendasi kost terbaik dan dapat membantu dalam pemesanan kamar kost serta memberikan keuntungan terhadap pemilik kost untuk dapat memasarkan rumah kost nya.

Kata kunci : Codeigniter, Rumah Kost, Sistem Pendukung Keputusan (SPK), PHP, Simple Additive Weighting (SAW).