Abstrak


Hubungan Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil dengan Berat Bayi Baru Lahir Di BPM R Jatisrono


Oleh :
Hafari Fajria Nuril Ummah - R1115043 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Peningkatan berat badan ibu hamil merupakan gambaran status gizi. Jika gizinya baik, maka seluruh komponen kehamilan dan perkembangan janin akan baik sehingga bayi akan lahir normal. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat bayi lahir.

Metode : Desain penelitian adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian di BPM R Jatisrono, Wonogiri. Pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 41. Pengambilan data menggunakan daftar isian. Analisis statistik menggunakan uji Fisher’s Exact.

Hasil : Responden dengan kenaikan berat badan normal selama hamil sebanyak 35 (85,4%), sedangkan yang tidak normal sebanyak 6 responden (14,6%). Sebagian besar bayi lahir dengan berat badan normal yaitu 38 bayi (92,7%), sedangkan yang tidak normal yaitu 3 bayi (7,3%). Pengujian statistik didapatkan nilai p=0,02, sehingga Ha diterima.

Simpulan : Terdapat hubungan signifikan antara kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat bayi baru lahir. Ibu hamil dan keluarga diharapkan memperhatikan pemenuhan gizi pada ibu hamil untuk mendukung pertumbuhan janin.

Kata Kunci : kenaikan berat badan ibu hamil, berat BBL