Abstrak


Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dengan Sikap Ibu Hamil Trimester I dalam Mengatasi Emesis Gravidarum


Oleh :
Nike Cahyaningsih - R1115065 - Fak. Kedokteran

Latar belakang :. Ibu hamil cenderung meremehkan rasa mual dan muntah akibat kurangnya pengetahuan, sehingga tilmbulah sikap negatif dalam upaya penanganan emesis gravidarum. Studi pendahuluan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa 4 dari 8 ibu hamil memiliki pengetahuan yang kurang mengenai cara mengatasi emesis gravidarum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dengan sikap ibu hamil trimester I dalam mengatasi emesis gravidarum.

Metode : Observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sejumlah 60 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner berupa pengetahuan dan sikap. Teknik analisis data menggunakan uji spearman dengan tingkat kesalahan 5%.

Hasil : Hasil uji spearman didapatkan p = 0.000 (p<0.05) dengan koefisien korelasi 481, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan sikap ibu hamil trimester I dalam mengatasi emesis gravidarum. Simpulan : Terdapat hubungan antara pengetahuan dengan sikap ibu hamil trimester I dalam mengatasi emesis gravidarum.