Abstrak


Pembuatan aplikasi informasi dan sharing wisata di wisata kita berbasis android


Oleh :
Anisa Latifah - M.3113020 - Fak. MIPA

Pembuatan aplikasi informasi dan sharing wisata dilatarbelakangi dari seringnya wisatawan kebingungan terhadap lokasi meeting point sebelum keberangkatan ke tempat wisata yang telah ditentukan oleh admin Wisata Kita serta kesulitan dalam pemesanan paket wisata di website yang tersedia serta admin Wisata Kita masih menggunakan social media lain untuk sharing foto-foto wisata kepada wisatawan serta seringkali kesulitan dalam menambah lokasi baru dengan fasilitas yang tersedia pada website.
Sistem ini dibangun dengan teknologi komputer berbasis web dan dilengkapi dengan aplikasi android. Sistem informasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP untuk sistem berbasi web dan JAVA untuk aplikasi berbasis android dengan didukung basis data MySQL. Sistem yang berjalan menemui berbagai kendala dan permasalahan terutama pada penggunaan basis data yang dihubungkan dengan aplikasi android yang saling terkoneksi. Dalam perkembangannya diharapkan aplikasi ini dapat digunakan dengan penambahan fitur yang lebih lengkap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah berdasarkan metode pengumpulan data dan analisi data.
Aplikasi mempunyai beberapa fitur yaitu informasi wisata, obyek wisata, akomodasi, transportasi, kegiatan, dan paket wisata dan gallery untuk menampilkan foto yang dibagikan oleh admin yang dapat dikomentari, transaksi untuk pemesanan paket wisata, admin manajemen untuk menambahkan informasi dan konfirmasi transaksi. Aplikasi dapat digunakan sebagai sarana penyedia layanan dan informasi bagi wisatawan, sehingga bisa mendapatkan informasi akurat karena informasi yang tersedia senantiasa terbaharui oleh admin. Hasil dari penelitan ini adalah sebuah web aplikasi dan android aplikasi bernama: aplikasi informasi dan sharing wisata untuk mempermudah kinerja admin Wisata Kita dan mempermudah penyebaran informasi untuk wisatawan di Wisata Kita.
Kata kunci: wisata, wisata kita, aplikasi wisata kita, aplikasi