Abstrak


Pengaruh media pembelajaran film dokudrama terhadap minat belajar siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan sistem pemerintahan indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat (Studi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Grogol Tahun Ajaran 2015/2016 )


Oleh :
Ermawati Nur Hidayah - K6412024 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh media pembelajaran film dokudrama terhadap minat belajar siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Grogol, Sukoharjo. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII B sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa dan VIII G sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa, dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design dengan menggunakan bentuk posttest-only control design. Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode angket, observasi dan analisis dokumen. Metode angket digunakan untuk memperoleh data minat belajar siswa. Metode observasi digunakan sebagai data penunjang untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran film dokudrama. Analisis dokumen digunakan untuk memperoleh data tentang kesesuaian RPP kelas eksperimen dengan langkah-langkah penerapan media pembelajaran film dokudrama. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan Uji T.Test.
Hasil perhitungan pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 5,864 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = n1 + n2 – 2 (30 + 30 – 2 = 58 ), sehingga diperoleh ttabel sebesar 2,002 (interpolasi). Maka thitung (5,864) > ttabel (2,002) dan skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 83,22 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 76,64. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran film dokudrama terhadap minat belajar siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Film Dokudrama, Minat Belajar