Abstrak


Tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa ditinjau dari sikap sosial pada siswa kelas xi sma negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016


Oleh :
Erna Yulia Puspitarini - K3111029 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa. (2) Sikap Sosial Siswa. (3) kontribusi Sikap Sosial tersebut terhadap tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan pada siswa kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Surakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 162 siswa. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan Inventori Tugas Perkembangan (ITP) dan Angket. Analisis data untuk hipotesis pertama dan hipotesis kedua menggunakan t-tes yang kemudian diuji menggunakan uji satu Pihak (One Tail Test). Adapun untuk hipotesis ketiga menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS 20.
Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 yaitu memiliki rata-rata skor yang tergolong dalam kategori sedang. Sedangkan sikap sosial tersebut memiliki rata-rata skor yang termasuk dalam kategori sedang pula. Berdasarkan penghitungan regresi, sikap sosial berkontribusi terhadap tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan sebesar 5,5%.
Kata Kunci : tugas - tugas perkembangan, sikap sosial