Abstrak


Implementasi augmented reality markerless menggunakan akselerometer, kompas, dan gps pada android untuk identifikasi gedung di Universitas Sebelas Maret


Oleh :
Rizal Kusumajati Nugroho - M.0512050 - Fak. MIPA

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta merupakan salah satu tempat berlangsungnya acara-acara besar. Acara-acara tersebut tidak hanya ditujukan pada mahasiswa tetapi juga masyarakat umum, sehingga penunjuk jalan menuju lokasi menjadi sesuatu yang penting. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk membantu pencarian lokasi adalah Augmented Reality Markerless.
Pengimplementasian augmented reality markerless pada aplikasi ini memanfaatkan sensor yang terintegrasi dalam device android berupa akselerometer, kompas dan GPS dipadukan dengan perhitungan azimuth dan haversine formula. Data lokasi gedung disimpan dalam media penyimpanan internal.
Hasil pengujian black box menunjukkan bahwa semua fungsi berjalan baik. Pengukuran usability (kuisioner) dilakukan terhadap 50 reponden yang hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi yang dibuat mendapatkan sikap positif dari responden. Hasil pengujian akurasi menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki tingkat akurasi yang baik dibuktikan melalui pengujian terhadap 3 sampel gedung.
Kata kunci: akselerometer, android, augmented reality, GPS, kompas