Abstrak


Pembuatan sistem informasi administrasi rawat inap pasien rumah sakit berbasis web


Oleh :
Ariska Fraditasari - M.3113027 - Fak. MIPA

Pengembangan sistem informasi admnistrasi rawat inap ditujukan untuk mendukung ketersedian data informasi bagi manajemen dan pelaksana layanan serta pengembangan jaringan informasi kesehatan. Sistem ini dibangun dengan teknologi komputer berbasis web dan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan didukung basisdata MySQL. Sistem yang berjalan menemui berbagai kendala dan permasalahan terutama pada pengelolaan data, tuntutan akan kecepatan layanan dan akurasi data.
Metode penelitian yang digunakan dalam pembuatan sistem informasi administrasi rawat inap yaitu wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Sistem informasi ini dapat digunakan sebagai sarana penyedia layanan dan informasi bagi penggunanya baik untuk dokter, paramedis, karyawan, dan pasien rumah sakit dimanapun dan kapanpun mereka berada, sehingga bisa mendapatkan informasi akurat karena informasi yang tersedia senantiasa terbaharui.
Sistem informasi administrasi mempunyai beberapa fitur yaitu pengolahan dan penyimpanan data rekam medis pasien, penempatan ruang untuk pasien, pengolahan dan penyimpanan data pasien, proses pendaftaran, proses transaksi pembayaran, pengolahan dan penyimpanan layanan serta penanganan pasien, dan laporan hasil rekam medis pasien serta grafik pasien yang berobat.
.
Kata kunci: administrasi, rawat inap, rekam medis, sistem informasi