Abstrak


Implementasi pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran di rumah sakit ortopedi Prof. DR. R. Soeharso


Oleh :
Dhelta Cherristya - R.0013036 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Terwujudnya penanganan yang tepat terhadap pencegahan dan penanggulangan dari bahaya kebakaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan dan tindakan apa saja yang dilakukan untuk mengantisipasi secara dini terhadap bahaya kebakaran di Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan penerapan sistem pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran di Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Data diperoleh dengan cara observasi secara langsung di lapangan dan wawancara dengan pekerja serta dari buku-buku referensi yang berhubungan dengan pencegahan dan penanggulangan kebakaran.
Hasil : Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta telah menerapkan sistem pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Berdasarkan hasil analisis ditemukan beberapa potensi bahaya yang dapat menimbulkan bahaya kebakaran diantaranya yaitu akibat konsleting listrik, pembakaran sampah di insinerator, gudang penyimpanan bahan kimia (instalasi logistik), peralatan medis dan lain-lain.
Simpulan : Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso telah menerapkan sarana, sistem, fasilitas dan Tim K3 Rumah Sakit untuk mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran. Hal ini secara garis besar telah sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No: 26/PRT/M/2008 tentang Persyaratan Teknis Proteksi Kebakaran pada Bangunan Gedung dan Lingkungan, untuk pemasangan sprinkler belum diterapkan di rumah sakit ini.
Kata Kunci : Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran, Pencegahan Kebakaran, Penanggulangan Kebakaran