Abstrak


Independensi board, pengungkapan sukarela, kualitas laba dan biaya modal ekuitas


Oleh :
Erna Setiany - T431008014 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung independensi board dan pengungkapan sukarela terhadap biaya modal ekuitas, dan menguji pengaruh tidak langsung independensi board, serta melakukan pengujian pengaruh pengungkapan sukarela terhadap biaya modal ekuitas melalui kualitas laba sebagai mediator. Independensi board dan pengungkapan sukarela dalam penelitian ini merupakan wujud penerapan prinsip independensi dan transparansi dalam konsep corporate governance. Independensi board diukur menggunakan skor independensi Komisaris Independen dan Komite Audit. Pengungkapan sukarela diukur menggunakan skor pengungkapan sukarela dibidang keuangan, dan kualitas laba diukur dengan nilai akrual diskresioner, dan biaya modal ekuitas diukur menggunakan pendekatan CAPM.
Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda untuk menguji pengaruh langsung antar variabel, sementara path analysis untuk menguji pengaruh tidak langsung. Data penelitian yang digunakan merupakan data sekunder bersumber dari annual report resmi yang dipublikasikan perusahaan. Sampel penelitian berjumlah 104 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2009 sampai 2012.
Hasil penelitian membuktikan bahwa, independensi board tidak berpengaruh langsung terhadap biaya modal ekuitas, sedangkan pengungkapan sukarela terbukti berpengaruh langsung terhadap biaya modal ekuitas. Pembuktian pengaruh tidak langsung menunjukan adanya mediasi kualitas laba pengaruh independensi board terhadap biaya modal ekuitas. Namun mediasi kualitas laba pada pengaruh pengungkapan sukarela terhadap biaya modal ekuitas tidak terbukti. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa dalam berinvestasi investor mempertimbangkan independensi board dan pengungkapan sukarela sebagai faktor pertimbangan tambahan berupa proteksi investasi.
Kata Kunci: cost of equity capital, corporate governance, board independence, voluntary disclosure, earnings quality