Abstrak


Peran lembaga sosial pemberdayaan perempuan dan anak pinggiran seroja dalam menangani anak rawan di kota Solo


Oleh :
Riska Robaaniyahya - K8412071 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara yang dilakukan Lembaga Sosial PPAP Seroja dalam menangani anak rawan di Kota Solo.
Penelitian ini dilaksanakan di Lembaga Sosial PPAP Seroja dengan teknik pemilihan informan berupa purposive sampling. Informan yang dipilih dalam penelitian ini adalah pengurus dan tentor di PLK Seroja, anak rawan yang belajar di PLK Seroja, dan staff Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Solo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini diawali dengan pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data, dan terakhir menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara yang dilakukan oleh Lembaga Sosial PPAP Seroja dalam menangani anak rawan di Kota Solo adalah dengan memberikan motivasi belajar melalui (1) pemberian dana bantuan atau beasiswa pendidikan bersyarat (2) menjalin komunikasi personal (3) menyisipkan motivasi dan materi belajar dalam aktivitas anak rawan. Dampak yang dirasakan adalah (1) meningkatnya jumlah anak rawan dampingan Lembaga Sosial PPAP Seroja yang mau sekolah (2) berubahnya persepsi negatif anak rawan tentang suasana pembelajaran di sekolah (3) meningkatnya minat anak rawan untuk belajar sehingga saat ini dari empat hari efektif yang digunakan untuk pembelajaran mereka selalu berangkat.
Kata Kunci : Lembaga Sosial PPAP Seroja, Anak Rawan, Pendidikan Layanan Khusus (PLK), Motivasi Belajar.