Abstrak


Penanganan barang ekspor yang terkena nota hasil intelejen (nhi) (studi kasus ekspor furniture pt andalan pacific samudra Semarang)


Oleh :
Novia Sukma Dewi Kristyaningrum - F3113050 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penanganan kasus NHI oleh PT Andalan Pacific Samudra Semarang. NHI merupakan indikasi adanya pelanggaran dibidang kepabeanan, biasanya pelanggaran berupa ketidak cocokan antara barang dan dokumen pabeannya. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data primer penulis dapatkan dari wawancara secara langsung dengan branch manager dan staff PT Andalan Pacific Samudra, sedangkan data sekunder penulis dapatkan dari studi pustaka beberapa buku yang berhubungan dengan tema.
Hasil dari penelitian yang telah penulis lakukan antara lain: Ada beberapa penanganan untuk barang yang terkena NHI yaitu barang boleh dilanjut ekspornya, barang akan dilelang, barang akan dimusnahkan, dan barang akan menjadi milik negara.
Kesimpulan yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah sebaiknya setiap kali melayani ekspor PT. Andalan Pacific Samudra memastikan dahulu apakah barang yang akan diekspor tersebut termasuk barang yang dilarang atau bukan dengan cara meminta foto barang yang akan diekspor agar tahu barang tersebut memerlukan dokumen pendukung seperti V-Legal atau LS dan jika eksportir melakukan stuffing hendaknya selalu meminta foto stuffing agar pada saat barang ditahan PT Andalan Pacific Samudra bisa memberikan bukti berupa foto stuffing tersebut supaya barang di dalam peti kemas tidak dibongkar isinya.
Kata Kunci: Kepabeanan, Pemeriksaan barang ekspor, NHI.