Abstrak


Penerapan model explicit instruction dengan media bahan alam dalam peningkatan keterampilan mencetak timbul pada mata pelajaran sbk siswa kelas ii sd n 2 Karangsari tahun ajaran 2015/2016


Oleh :
Sawab Prih Rohman - K7112540 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah penerapan model Explicit Instruction dengan media bahan alam dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK; (2) meningkatkan pembelajaran SBK tentang mencetak timbul melalui penerapan model Explicit Instruction dengan media bahan alam; serta (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Explicit Instruction dengan media bahan alam.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus yang terdiri atas 6 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Karangsari yang terdiri dari 36 siswa. Sumber data penelitian ini yaitu guru, siswa, dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan, observasi, dan wawancara. Validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber dan data. Analisis data yang digunakan ialah teknik analisis data kualitatif, kuantitatif, dan komparatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) penerapan model Explicit Instruction dengan media bahan alam dalam peningkatan pembelajaran SBK tentang mencetak timbul yang tepat adalah: (a) orientasi: penyampaian apersepsi dan tujuan; (b) presentasi: penjelasan materi dan demonstrasi media bahan alam dan langkah penggunaannya; (c) pengamatan: mengamati alat dan bahan serta langkah-langkah mencetak timbul; (d) latihan terstruktur: membuat perencanaan cetak timbul dan menyiapkan alat dan bahan; (e) latihan terbimbing: percobaan membuat karya mencetak timbul; (f) latihan mandiri: pembuatan hasil karya mencetak timbul secara mandiri; (g) pengumpulan hasil: mengumpulkan hasil karya; dan (h) penarikan kesimpulan: menyimpulkan pembelajaran; (2) penerapan model Explicit Instruction dengan media bahan alam dapat meningkatkan pembelajaran SBK tentang mencetak timbul dengan presentase penilaian proses pada siklus I= 60%, siklus II= 88,89%, dan siklus III 100% dan hasil belajar siklus I= 45,71%, siklus II= 86,11%, siklus III = 100%; (3) kendala pelaksanaan ini yaitu, ada siswa yang tidak membawa alat dan bahan, ada siswa yang tidak memperhatikan demonstrasi guru, serta pada saat membuat hasil karya ada siswa yang tidak tertib; solusi yang diterapkan yaitu guru memberikan instruksi dengan jelas, guru mengingatkan siswa untuk membawa alat dan bahan, guru menyuruh siswa memperhatikan saat demonstrasi, serta guru memberi instruksi agar tertib saat membuat karya mencetak timbul.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Explicit Instruction dengan media bahan alam dapat meningkatkan pembelajaran SBK tentang mencetak timbul pada siswa kelas II SD N 2 Karangsari tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: Explicit Instruction, Media Bahan Alam, SBK