Abstrak


Pembuatan game 3d anoa labyrinth zoo menggunakan unity 3d


Oleh :
Ridho Yodi Pamungkas - M3113122 - Fak. MIPA

Kepunahan hewan endemik Indonesia lambat tahun semakin marak terjadi dan tidak terhindari lagi. Hilangnya habitat asli hewan dan perburuan hewan langka yang sering dilakukan manusia mengakibatkan kepunahan hewan endemik Indonesia. Pentingnya informasi mengenai edukasi menjaga hewan endemik Indonesia yang hampir punah. Pemilihan suatu media yang tepat dalam memberikan informasi edukasi dan hiburan sangat diperlukan. Dipilih suatu media berupa game yang digunakan dalam penyampaian informasi edukasi dan hiburan.
Berdasarkan masalah diatas, penulis membuat sebuah game yang dapat menyampaikan informasi edukasi dan hiburan. Sebuah game 3D yang berjudul “Anoa Labyrinth Zoo” dengan mengambil sebuah tema tentang menjaga dan kelestarian hewan endemik Indonesia. Pembuatan game ini diharapkan dapat digunakan sebagai media informasi edukasi dan hiburan agar menjaga hewan endemik Indonesia dari kepunahan.
Pembuatan Game 3D “Anoa Labyrinth Zoo” berbasis desktop dengan tema menjaga dan melestarikan hewan endemik Indonesia telah berhasil penulis selesaikan. Game ini digunakan sebagai media informasi edukasi dan hiburan. Pembuatan game menggunakan software Untity3D, dan bahasa pemrograman C#. Karakter dalam game berupa hewan, dimana karater utama Anoa dan Harimau sebagai predator. Dalam game ini mempunyai 4 level, di setiap level memiliki kesulitan yang berbeda, terdapat predator yang telah memiliki kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence).
Kata kunci: Game, Labirin, Maze, Fauna endemik Indonesia.