Abstrak


Manajemen pemasaran penjualan tiket kereta di PT. Kereta Api Indonesia (persero) daerah operasi 7 Madiun


Oleh :
Ratih Dewi Anggraini - D1513083 - Fak. ISIP

Di era globalisasi banyak masyarakat yang menginginkan kemudahan untuk mencapai jarak tujuan dengan mudah dan cepat tanpa hambatan. Perusahaan perkeretaapian ini jawabannya yang memberikan pelayanan dalam segala bidang yang dibutuhkan masyarakat mulai dari angkutan penumpang hingga angkutan barang, selain itu agar produk ini mencapai ke seluruh masyarakat, perusahaanmembutuhkan manajemen pemasaran agar memudahkan dalam hal kegiatan memasarkan produk nya. Pemasaran merupakan salah satu kegiatan utama dalam perusahaan untuk memperkenalkan produk yang dihasilkan kepada masyarakat luas, meliputi dengan bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat dan promosi serta saluran distribusi.
Dalam hal ini, perusahaan harus merencanakan pemasaran dengan baik dan matang. Pada setiap perusahaan, pastinya memerlukan manajemen pemasaran yang siap untuk memasarkan produk agar menekan laju penjualan produk supaya semakin meningkat pesat dari tahun ke tahun. Hal ini di karenakan bahwa penjualan termasuk dalam aktivitas pada manajemen pemasaran yang merupakan satu kesatuan dan saling keterkaitan. Di samping itu, manajemen pemasaran bertujuan agar memberikan pengaruh besarpada volume peningkatan penjualan produk yang akan di pasarkan.
Tujuan pengamatan yang dilakukan penulisuntuk tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pemasaran penjualan tiket kereta di PT Kereta Api Indonesia (Persero) khususnya pada Daerah Operasi 7 Madiun untuk meningkatkan daya jual tiket yang tinggi serta keuntungan bagi perusahaan.Metode pengamatan ini menggunakan jenis pengamatan deskriptif kualitatif dan berlokasi di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun, Jl. Kompol Sunaryo No.14 Madiun. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sumber data yang digunakan berupa narasumber, peristiwa, tempat atau lokasi, dokumen dan arsip. Metode analisis data menggunakan 3 pendekatan yaitu: reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
    Hasil pengamatan yang dilakukan di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun adalah manajemen pemasaran produk meliputi bauran pemasaran/marketing mixdan saluran distribusi. (Sumber: Data Program Kerja Pemasaran Angkutan Tahun 2015 Daerah Operasi 7 Madiun)