Abstrak


Implementasi sistem pengendalian dokumen pada setiap kegiatan k3 di industrial safety section (iss) pt. x


Oleh :
Devy Cahyaning Ratri - R.0013034 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Dokumen merupakan standar kerja suatu perusahaan yang harus ada kejelasan mengenai wewenang dan tanggung jawab pembuatan, pengkajian, persetujuan, perubahan, penarikan hingga pemusnahan suatu dokumen. Jadi disiplin pengendalian dokumen dalam melaksanakan semua tugas tersebut menjadi salah satu kunci pencapaian konsistensi kinerja sistem perusahaan. Adanya sistem pengendalian dokumen untuk mencegah dokumen-dokumen tersebar dan menjaga kerahasiaan dokumen.

Metode: Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif yang memberikan gambaran tentang implementasi sistem pengendalian dokumen K3. Pengambilan data melalui observasi langsung ke lapangan, wawancara serta studi kepustakaan.

Hasil: Observasi mengenai penerapan sistem pengendalian dokumen di perusahaan dan khususnya di departemen K3 dengan cara menganalisa pekerjaan kemudian diidentifikasi berdasarkan tingkat bahayanya dan cara pengendaliannya. Setelah itu pendokumentasian dengan sistem pengendalian dokumen berdasarkan ISO 9001:2008, OHSAS 18001:2007 dan Peraturan Pemerintah No. 50 tahun 2012, sehingga dapat dilakukan perbaikan terhadap pekerjaan yang belum sesuai dan dilakukan tinjauan ulang.

Simpulan: Implementasi sistem pengendalian dokumen di PT. X sudah diterapkan dengan baik dan sudah terlaksana sesuai dengan ISO 9001:2008,  Peraturan Pemerintah No. 50 tahun 2012 dan OHSAS 18001:2007 mengenai Pengendalian Dokumen.

Kata kunci    : Sistem Pengendalian Dokumen, Industrial Safety Section