Abstrak


Pengaruh pengetahuan terhadap kepatuhan penggunaan apd pada pekerja unit spinning pt. delta dunia textile Karanganyar


Oleh :
Arga Essa Pramudya - R.021200 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Tingginya angka kecelakaan diakibatkan oleh ketidak patuhan tenaga kerja dalam penggunaan alat pelindung diri. Kurangnya kepatuhan penggunaan alat pelindung diri disebabkan rendahnya pengetahuan tentang alat pelindung diri. Tujuan ini untuk mengetahui pengaruh pengetahuan tentang alat pelindung diri terhadap kepatuhan penggunaan alat pelindung diri pada tenaga kerja Unit Spinning di PT Delta Dunia Textile Karanganyar
Metode : Metode one group pretest-postest Quasi Experimental. Populasi adalah Pekerja Unit Spinning PT Delta Dunia Textile. Sampel didapatkan dengan teknik Total Sampling yaitu 46 orang. Instrumen yang digunakan adalah koesioner dan checklist. Teknik pengolahan dan analisis data dengan menggunakan uji Wilcoxon dan Correlation Spearman dengan SPSS Versi 17.
Hasil : Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan dengan nilai signifikansi p-value = 0.000 dan terdapat pengaruh antara pengetahuan terhadap kepatuhan penggunaan APD sesudah dilakukan penyuluhan dengan nilai R = 0.651 dan nilai signifikan p-value = 0.000.
Kesimpulan : Terdapat pengaruh pengetahuan terhadap kepatuhan penggunaan alat pelindung diri sesudah penyuluhan pada tenaga kerja Unit Spinning PT Delta Dunia Textile Karanganyar.
Kata Kunci : Pengetahuan APD, Kepatuhan Penggunaan APD, Penyuluhan