Abstrak


Mekanisme pengelolaan pengaduan masyarakat atas pemasangan reklame di badan penanaman modal dan pelayanan perizinan Kabupaten Sukoharjo


Oleh :
Fitri Andriyastuti - D1513037 - Fak. ISIP

Mekanisme pengelolaan pengaduan merupakan sesuatu hal yang wajib disusun oleh penyelenggara pelayanan publik. Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Kabupaten Sukoharjo merupakan salah satu penyelenggara pelayanan publik yang bertugas dalam bidang pelayanan perizinan dan nonperizinan di wilayah Sukoharjo. Dari berbagai izin yang diterbitkan terkadang ada suatu keluhan dari masyarakat. Salah satu contohnya adalah pemasangan reklame di wilayah Sukoharjo. Banyak reklame yang terpasang di wilayah Sukoharjo mengganggu masyarakat karena tidak berizin atau tidak sesuai dengan izin. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui mekanisme pengelolaan pengaduan masyarakat atas pemasangan reklame di BPMPP Kabupaten Sukoharjo. 
Proses pengaduan yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan publik adalah proses secara administratif. Mekanisme pengelolaan pengaduan secara administratif berdasar Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 76 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik terdiri atas penerimaan, penelaahan/pengklarifikasian, penyaluran pengaduan, dan penyelesaian pengaduan. Aduan reklame di BPMPP Kabupaten Sukoharjo adalah bentuk keluhan dari masyarakat atas pemasangan reklame yang bermasalah dikarenakan melanggar Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo. Dalam tugas akhir ini, jenis pengamatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengamatan observasi berperan dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, mengkaji dokumen dan arsip, perekaman serta riset pustaka. 
Dari hasil pengamatan, mekanisme pengelolaan pengaduan masyarakat atas pemasangan reklame di BPMPP Kabupaten Sukoharjo terdiri atas proses penerimaan keluhan, penentuan disetujui atau disalurkan, penelaahan dan pengklarifikasian oleh petugas dari seksi/bidang dengan melalui proses penanganan awal analisis masalah, dan tindak lanjut pemecahan dan penyelesaian bersama unit kerja instansi terkait. Proses tersebut telah sesuai dengan mekanisme pengaduan yang ditetapkan BPMPP Kabupaten Sukoharjo yang mana prosesnya menggunakan proses pengaduan secara administratif. Di dalam mekanisme pengelolaan pengaduan masyarakat atas pemasangan reklame di BPMPP Kabupaten Sukoharjo juga terdapat elemen-elemen pengaduan. Elemen tersebut seperti masyarakat, keluhan tentang reklame, Bidang Informasi dan Pengaduan, langkah atau prosedur, dan pelaporan penanganan pengaduan.

Kata Kunci: Mekanisme, Pengaduan, Reklame