Abstrak


Peningkatan kemampuan pemecahan masalah soal cerita pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe treffinger (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas IV SD Negeri Bumi I No. 67 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016)


Oleh :
Dwi Cahaya Nurani - K7112068 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Treffinger pada siswa kelas IV SD Negeri Bumi I No. 67 Surakarta tahun ajaran 2015/2016.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Validitas data adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik, serta validitas isi. Teknis analisis data adalah analisis interaktif, teknik deskriptif komparatif, dan teknik analisis kritis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Treffinger dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.
Peningkatan kemampuan pemecahan masalah tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai kemampuan pemecahan masalah siswa pada setiap siklus, yaitu nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pratindakan hanya sebesar 55,95. Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa menjadi 67,09 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,64. Sebelum dilakukan tindakan, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (=65) hanya 10 siswa (32,26%). Pada siklus I meningkat menjadi 20 siswa (64,52%) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 28 siswa (90,32%).
Kata Kunci: Kooperatif tipe Treffinger, Kemampuan Pemecahan Masalah.