Abstrak


Sistem informasi pelayanan akta online pada dinas kependudukan dan catatan sipil kota Surakarta


Oleh :
Aji Pratama Wisnu Wardana - M3113010 - Fak. MIPA

Akta Catatan Sipil merupakan sebuah dokumen resmi atas terjadinya peristiwa penting yang berkaitan dengan kelahiran, kematian, perkawinan serta perceraian yang terjadi. Peristiwa penting tersebut harus memiliki dokumen pencatatan sah yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tingkat kabupaten atau kota. Masyarakat yang akan mengajukan akta catatan sipil tersebut terkadang kurang paham akan alur serta kurangnya informasi mengenai tata cara pengajuan dari akta catatan sipil tersebut dan masyarakat juga tidak dapat mengetahui sampai mana proses pengajuan akta yang mereka ajukan. Permasalahan juga terjadi pada ketua RW serta kepala desa dalam memantau serta memonitoring warganya dalam mengajukan akta catatan sipil yang dibutuhkan.
Sistem yang akan dibangun menerapkan metode pendaftaran akta dan pegumpulan berkas persyaratan secara online, kemudian proses verifikasi pendaftaran yang dilakukan juga secara online melalui sistem ini. Sehingga masyarakat yang mengajukan dapat pula mengetahui tahapan verifikasi yang sedang dilakukan pada pendaftaran yang sedang diajukan dengan SMS tracking dan monitoring online.
Terbangunnya sistem informasi pendaftaran akta online pada dinas kependudukan dan catatan sipil kota Surakarta ini dapat menghasilkan proses pendaftaran yang dilakukan secara online, proses verifikasi online serta monitoring online yang dilengkapi dengan SMS Tracking, sehingga masyarakat akan lebih mengetahui prosedur dan tahapan dari pengajuan akta tersebut. Ketua RW dan Kelurahan juga akan lebih dapat memantau dan memonitoring warganya yang sedang mengajukan akta catatan sipil. Apabila data pada sistem sudah terisi, maka dapat pula tampil berupa grafik mengenai pendaftaran akta catatan sipil yang dilakukan secara online pada sistem ini.
Keyword : akta online, monitoring online, sms gateway, infografik data, verifikasi online