Abstrak


Analisis postur tubuh dengan metode rula pada pekerja welding di area sub assy pt. fuji technica Indonesia Karawang


Oleh :
Dewi Masitoh - R0013035 - Fak. Kedokteran

Latar belakang : Pekerjaan welding memerlukan sikap ergonomis dalam bekerja. Apabila postur kerja tidak ergonomis dapat menyebabkan gangguan sistem musculoskeletal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui postur pekerja pada aktivitas welding area sub assy PT. Fuji Technica Indonesia Karawang berdasarkan metode RULA.
Metode : Jenis penelitian observasional dengan metode deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi langsung ke lapangan dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode RULA, kemudian perolehan grand score dikategori berdasarkan action level dari RULA.
Hasil : Dari enam aktivitas yang dilakukan oleh empat orang, empat aktivitas memperoleh skor akhir 7, satu aktivitas memperoleh skor akhir 6, dan satu aktivitas memperoleh skor akhir 4. Kemudian hasil dari NBM sesudah bekerja 3 orang memiliki tingkat risiko rendah dan satu orang memiliki tingkat risiko sedang.
Simpulan : Postur tubuh pekerja welding pada area sub assy PT. Fuji Technica Indonesia empat aktivitas masuk kategori action level 4 yang berarti diperlukan adanya penyelidikan dan perbaikan segera mungkin. Satu aktivitas masuk kategori action level 3 yang berarti diperlukan investigasi dan perbaikan sikap segera. Satu aktivitas masuk kategori action level 2 yang berarti diperlukan adanya perubahan untuk perbaikan sikap kerja.
Kata Kunci : Postur Tubuh, Rapid Upper Limb Assessment, Nordic Body Map