Abstrak


Layanan internet banking pada pt. Bank Rakyat Indonesia (persero) tbk. kantor cabang Karanganyar


Oleh :
Dyah Ayu Istiqomah - F3613024 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan Internet Banking pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Karanganyar. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Teknik analisis deskriptif adalah teknik yang digunakan untuk menjelaskan hasil dari suatu penulisan untuk mendapatkan suatu kesimpulan yang didukung dengan teori yang ada.
     Kesimpulan dari penelitian ini adalah Internet Banking dapat digunakan oleh nasabah tabungan BRI yang memiliki handphone dengan simcard operator yang  yang telah bekerjasama dengan BRI serta memiliki alamat email. Layanan ini dimulai dengan membuka rekening di Bank BRI, selanjutnya mendaftar Internet Banking yang dapat dilakukan melalui Customer Service di Bank, maupun mendaftar sendiri melalui mesin ATM. Setelah itu nasabah akan mendapatkan kode aktivasi mToken yang selanjutnya diaktifkan melalui website Internet Banking BRI. Setelah layanan ini aktif, nasabah dapat melakukan transaksi melalui Internet Banking kapanpun dan dimanapun dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet. Transaksi yang dapat dilakukan diantaranya informasi rekening, transfer dana, transaksi terjadwal, pembayaran, pembelian, dan daftar pelayanan nasabah. Kelebihan penggunaan e-banking khususnya dengan menggunakan Internet Banking adalah mudah dilakukan, user friendly, dapat dilakukan setiap saat, dan tidak perlu perangkat tambahan. Kelemahannya yaitu harus memiliki koneksi internet yang stabil, hanya dapat dioperasikan oleh nasabah yang melek teknologi, masalah keamanan, dan kendala teknis.
     PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Karanganyar sebaiknya lebih mengoptimalkan pelayanan terkait dengan kepuasan nasabah, meningkatkan kenyamanan nasabah dengan cara lebih memperhatikan serta memahami keluhan-keluhan nasabah, serta mengoptimalkan sistem jaringan pada internet banking untuk meminimalir adanya kegagalan teknis.
Kata Kunci: Layanan, e-banking, Internet Banking