Abstrak


Pembuatan aplikasi kartu menuju sehat (kms) berbasis mobile


Oleh :
M. Andi Saputro - M3113093 - Fak. MIPA

Saat ini, permasalahan kesehatan masyarakat yang masih dihadapi bangsa Indonesia adalah masalah kesehatan anak. Beberapa indikator masalah tersebut adalah masih tingginya angka kematian bayi. Saat ini pertumbuhan arus informasi menjadi demikian cepat. Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan kesehatan anak adalah dengan membuat aplikasi untuk memonitoring kesehatan anak. Aplikasi berbasis mobile dapat dimanfaatkan untuk membantu para ibu dalam memperoleh informasi mengenai pertumbuhan anak.
Penulisan ini menggunakan metode kepustakaan dengan data-data dan literatur yang digunakan diperoleh dari berbagai sumber yang berkaitan dengan topik yang diangkat. Data yang diperoleh disajikan secara deskriptif yang disertai dengan analisis sehingga menunjukkan suatu kajian ilmiah yang dapat dikembangkan dan diterapkan lebih lanjut.
Kelebihan dari penggunaan aplikasi mobile sebagai media informasi kesehatan adalah terbuka, dan bebas sehingga siapa saja dapat menggunakannya. Aplikasi berbasis mobile sebagai salah satu media promosi kesehatan dapat menjadi sebuah terobosan baru bagi masyarakat khususnya para ibu untuk mengetahui berbagai informasi kesehatan seperti perkembangan bayi, jadwal imunisasi, informasi KMS, dll. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini, dapat menurunkan angka gizi buruk serta kematian anak.
Kata kunci: Kartu Menuju Sehat, monitoring anak, imunisasi, aplikasi mobile, android.