Abstrak


Proses Produksi Program Acara Talkshow “Speak After Lunch” Di Inews Tv Jakarta


Oleh :
Luszy Ayuk Pratiwi - D1413045 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Pada akhir semester diploma III mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret diwajibkan melakukan Kuliah Kerja Media (KKM) agar bisa menerapkan ilmu yang sudah diterima selama bangku kuliah, khususnya bidang penyiaran. Untuk itulah penulis memilih iNewsTV Jakarta sebagai tempat untuk melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) dengan pertimbangan iNewsTV sebagai salah satu stasiun televisi berita dengan jaringan televisi lokal terbanyak di seluruh Indonesia. Maka dari itu dapat dipastikan akan mengangkat dan menonjolkan konten lokal dari masing-masing daerah jaringan iNewsTV. InewsTV akan menjadi stasiun televisi yang mengunggulkan program-program berita dan informasi yang cepat, akurat, informatif, mendidik, serta menginspirasi.
Pertelevisian di Indonesia saat ini sedang berkembang, hal ini dilihat dari munculnya beragam program acara di stasiun tv. Saat ini stasiun tv berlomba – lomba menyajikan acara yang menarik perhartian khalayak. Seperti program yang menyajikan unsur current affair, film, komedi, dan sinetron yang memiliki segmentasi yang berbeda-beda. Current Affair yang dikemas dengan format Talkshow tentunya akan menjadi tayangan yang sangat menarik. Selain membahas tentang suatu peristiwa yang sedang hangat diperbincangkan diperkuat dengan mengundang narasumber, tentunya akan menjadi suatu sajian berita yang aktual namun tetap soft pembawaanya.
Selama dua bulan, penulis melakukan Kuliah Kerja Media atau magang di iNewsTV Jakarta. Penulis mendapatkan banyak pengalaman serta wawasan baru mengenai dunia pertelevisian. Sehingga lebih memahami bagaimana proses produksi acara televisi dalam sebuh program acara mulai dari tahap pra-produksi, produksi, dan terakhir pasca produksi. Penulis menjadi tahubetapa berfungsinya segala tahap maupun isi yang ada di sebuah produksi tanpa membedakan kontendan teknisnya.Kerjasama tim adalah hal yang terpenting dalam suatu produksi acara. Sebagai contoh yakni Peran Asisten Produksi dalam suatu produksi program acara berita.
KKM adalah kesempatan untuk dapat menerapkan dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama duduk dibangku kuliah, praktik magang seperti ini sangat dibutuhkan oleh penulis guna mempersiapkan diri saat nanti terjun ke dunia kerja, melahirkan seorang Ahli Madya yang siap bekerja, dan tidak dipungkiri bahwa magang bisa dijadikan ajang mencari koneksi agar nantinya mendapat kesempatan untuk kemudian di rekrut menjadi karyawan tetap di instanti tersebut.


Kata - kunci : televisi, inewstv, proses produksi acara televisi, current affair, talkshow, peran (PA) production asisstant