Abstrak


Penerapan model pembelajaran problem posing dilengkapi media pembelajaran lembar kerja siswa (lks) untuk meningkatkan prestasi belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi stoikiometri kelas x semester genap sma negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2015 / 2016


Oleh :
Hepi Nuriyawan - K3312033 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : (1) Prestasi Belajar Siswa, dan (2) Keterampilan Proses Sains siswa pada materi stoikiometri melalui penerapan model pembelajaran Problem Posing kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015 / 2016.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua Siklus. Setiap Siklus terdiri atas tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian dilakukan di X MIA 6 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data meliputi teknik tes berupa tes prestasi belajar aspek pengetahuan dan tes keterampilan proses sains, serta teknik non tes berupa observasi aspek sikap dan aspek keterampilan, angket sikap, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa : (1) prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing dilengkapi dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi stoikiometri Kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Pada aspek pengetahuan mengalami peningkatan dari Siklus I sebesar 70% menjadi 82,5% pada Siklus II. Pada aspek sikap telah tuntas pada Siklus I sebesar 100%. Pada aspek keterampilan telah tuntas pada Siklus I sebesar 100%. (2) Keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing dilengkapi dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi stoikiometri Kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Pada Pra Siklus, hasil yang diperoleh sebesar 65% yang memiliki Kriteria Keterampilan Proses Sains Tinggi. Kemudian meningkat pada Siklus I mencapai 72,5%, dan meningkat kembali pada Siklus II sebesar 85%.
Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Problem Posing, Lembar Kerja Siswa, Prestasi Belajar, Stoikiometri