Abstrak


Pembuatan peta similaritas kota di Provinsi Jawa Tengah menggunakan self-organizing maps (som)


Oleh :
Risalatul Hanifah - M.0512049 - Fak. MIPA

Kemiripan data antar kota dapat diketahui dengan indikator setiap kota. Salah satu indikator tersebut adalah Smart City. Smart City merupakan salah satu konsep perencanaan kota yang terdiri dari enam indikator, yakni Smart People, Environment, Economy, Mobility, Living, dan Governance. Berdasarkan indikator tersebut dapat dibuat peta untuk memvisualisasikan kemiripan antar kota.
Penelitian ini mengambil data dari BPS tahun 2014 Provinsi Jawa tengah. Sebelum dilakukan pemetaan menggunakan SOM, data direduksi menggunakan Principal Component Analysis (PCA). Hasil reduksi PCA didapatkan 15 variabel yang akan digunakan untuk pemodelan SOM. Pemodelan ini mempunyai beberapa tahapan, yaitu menghitung Euclidean distance, menentukan winner dan neighboring neuron, update bobot, serta update learning rate dan radius.
Hasil yang didapat berupa koordinat winner. Untuk memvisualisasikan hasil tersebut, maka dilakukan pelabelan warna setiap kota. Penelitian ini menampilkan tujuh model peta SOM. Hasil SOM menunjukkan bahwa semakin besar iterasi, semakin konvergen hasil yang didapat sehingga tidak terjadi perubahan signifikan pada iterasi berikutnya.
Kata Kunci : Principal Component Analysis (PCA), Self-Organizing Maps (SOM), Smart City.