Abstrak


Peningkatan kererampilan menulis tegak bersambung melalui media kartu magic pada siswa kelas ii sd negeri i Dologan, Karanggede, Boyolali tahun pelajaran 2015/2016


Oleh :
Umela Wahyu Widianingrum - K7112259 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung melalui penggunaan media kartu magic pada siswa kelas II SD Negeri I Dologan, Karanggede, Boyolali tahun pelajaran 2015/2016.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri I Dologan tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 siswa. Sumber data terdiri dari siswa dan guru kelas, data nilai keterampilan menulis tegak bersambung pratindakan dan saat tindakan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan menulis tegak bersambung dapat meningkat melalui penggunaan media kartu magic pada siswa kelas II SD Negeri I Dologan tahun pelajaran 2015/2016. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa dari pratindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada pratindakan nilai rata-rata kelas adalah 56,5 dan ketuntasan klasikal yaitu 20% atau 4 dari 20 siswa; pada siklus I nilai rata-rata kelas yaitu 67,87 dan ketuntasan klasikal 60% atau 12 dari 20 siswa; pada siklus II nilai rata-rata kelas yaitu 75,5 dan ketuntasan klasikal 75% atau 15 dari 20 siswa; dan pada siklus III nilai rata-rata kelas yaitu 80 dan ketuntasan klasikal 80% atau 16 dari 20 siswa. Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung juga diiringi dengan peningkatan aktivitas siswa, unjuk kerja siswa, dan kinerja guru. Penggunaan media kartu magic dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung, membuat siswa aktif dalam pembelajaran, guru menjadi lebih kreatif dalam pengembangan media sehingga tercipta suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas II SD Negeri I Dologan tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: kartu magic, keterampilan menulis, tegak bersambung