Abstrak


Pembuatan aplikasi monitoring kesehatan ibu hamil berbasis web dengan framework codeigniter


Oleh :
Luthfi Hidayati - M3113092 - Fak. MIPA

Hamil merupakan salah satu anugrah yang diberikan kepada seorang ibu. Setiap ibu pada saat menjalani proses kehamilan selalu melakukan pemeriksaan berkala untuk mengawasi perkembangan janin yang ada dikandungannya. Data hasil pemeriksaan akan dicatat di dalam buku, namun karena kurang terawatnya buku tersebut mengakibatkan data pemeriksaan tidak terekap dengan baik. Dengan demikian dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu ibu memperoleh informasi pemeriksaan kehamilan dan petugas kesehatan untuk mengelola data pemeriksaan kehamilan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data dan materi yang diperlukan untuk pembuatan aplikasi, observasi atau pengamatan yang dilakukan di posyandu, mencari referensi-referensi yang berkaitan dengan kehamilan dan pemeriksaan kehamilan di internet, merancang aplikasi yang ingin dibuat menggunakan diagram UML (Unified Modelling Language), membuat implementasi aplikasi dari rancangan yang sudah dibuat menggunakan framework CodeIgniter, melakukan pengujian terhadap aplikasi yang dibuat dan yang terakhir merelease sistem aplikasi tersebut.
Aplikasi Monitoring Kesehatan Ibu Hamil merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu ibu memperoleh informasi pemeriksaan kehamilan dan membantu petugas kesehatan untuk mengelola data pemeriksaan kehamilan. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman web PHP (Hypertext Preprocessor) dan menggunakan salah satu framework PHP yaitu framework CodeIgniter.
Kata kunci: Aplikasi, Monitoring, Ibu, Hamil, Pemeriksaan