Abstrak


Pembuatan 3d Virtual Reality : Virtual Manasik Umrah Menggunakan Unity 3d Game Engine Berbasis Android


Oleh :
Melinda Putri Yusanti - M3113100 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Virtual Reality (VR) merupakan teknologi yang menggabungkan objek tiga dimensi (3D) dipadukan dengan pendengaran dan pengelihatan stereotip yang menghasilkan efek pengguna seakan sedang berada dalam lingkungan virtual. Pengenalan ibadah Umrah dengan memasukkan materi kedalam sebuah lingkungan berteknologi VR dapat menjadikan pengenalan semakin menarik serta visual dan sampai saat ini aplikasi media informasi ibadah Umrah belum ada yang menerapkan konsesp Virtual Reality dalam pengembangannya. Berdasarkan hal tersebut maka dibuat aplikasi 3D Virtual Reality : Virtual Manasik Umrah menggunakan Unity 3D Game Engine berbasis Android.
Pembuatan aplikasi Virtual Manasik Umrah merupakan lingkungan virtual dari tempat dan kegiatan ibadah Umrah yang memiliki tempat-tempat yang akan di gambarkan secara virtual kedalam aplikasi, diantaranya ihram, thawaf, sa’i, serta ihram menggunakan Unity3D sebagai engine. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi Virtual Manasik Umrah berbentuk file .apk berukuran 170 MB yang dijalankan pada perangkat android dengan spesifikasi minimal : prosesor quad-core 1.6 GHz, GPU Adreno 305 dan RAM 1GB serta memiliki sensor gyro.
3D Virtual Reality : Virtual Manasik Umrah diharapkan mampu menciptakan gambaran visual terhadap Umrah, sehingga dapat dijadikan sebagai media perkenalan Umrah dan juga sebagai sarana informasi yang interaktif.


Kata Kunci : 3D, Android, Mobile, Unity3D, Virtual Reality