Abstrak


Sistem pengawasan barang beredar sebagai upaya perlindungan konsumen oleh dinas perindustrian, perdagangan, koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Kornelia Devi Irayanti Simanihuruk - D1513055 - Fak. ISIP

Tujuan pengamatan ini yaitu untuk mendeskripsikan sistem pengawasan barang beredar sebagai upaya perlindungan konsumen oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Karanganyar. Pengamatan ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari narasumber, aktivitas dan dokumen terkait dengan pengawasan barang beredar sebagai upaya perlindungan konsumen oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Karanganyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen yang berupa berkas dan rekaman berkaitan dengan pengawasan barang beredar sebagai upaya perlindungan konsumen. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil pengamatan dapat diketahui bahwa sistem pengawasan barang beredar sebagai upaya perlindungan konsumen oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Karanganyar terdiri dari lima komponen yaitu Input, Proses, Output, Umpan balik, Pengawasan. Input dalam sistem ini yaitu berupa material. Sedangkan proses dalam sistem ini yaitu kegiatan pengawasan barang beredar diwilayah kabupaten karanganyar dari pembentukan anggota hingga selesainya kegiatan . Output dalam sistem ini yaitu Surat Pertanggung Jawaban dari kegiatan tersebut. Terakhir yaitu pengawasan internal dan eksternal, pengawasan internal yaitu pengawasan dari dalam organisasi bersangkutan dan pengawasan eksternal oleh Badan Pengawas Keuangan dan Inspektorat.
Kata Kunci : Barang Beredar, Pengawasan, Perlindungan Konsumen.