Abstrak


Sistem informasi pelaporan spt tahunan wajib pajak dengan e-filing di kantor pelayanan pajak pratama Sukoharjo


Oleh :
Hapsari Anjani - D1513041 - Fak. ISIP

Salah satu sumber penerimaan negara untuk pembangunan nasional adalah dari sektor pajak. Kepatuhan Wajib Pajak turut menentukan keberhasilan pencapaian tujuan pembangunan bangsa. Pengamatan yang dilakukan sebagai bahan penulisan tugas akhir ini dimaksudkan untuk mengetahui sistem informasi pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak secara e-Filing, khususnya Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Sukoharjo.
Pengamatan ini merupakan pengamatan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sample menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumen dan arsip. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis interaktif meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil pengamatan menunjukan bahwa sistem informasi pelaporan SPT Tahunan Wajip Pajak secara e-Filing melalui tiga tahap yaitu pembuatan e-FIN, pendaftaran e-Filing, dan pelaporan SPT melalui e-Filing. Sistem informasi pelaporan SPT Tahunan Wajip Pajak secara e-Filing dikhususkan untuk formulir 1770 S dan 1770 SS. Untuk pengisian e-Filing terdiri dari dua pilihan yaitu pengisian berdasarkan pada formulir SPT dan pengisian secara bertahap melalui wizard (panduan). Perkembangan pelaporan SPT Tahunan dengan e-Filing di KPP Pratama Sukoharjo mengalami peningkatan tiap tahunnya. Kendala-kendala dalam penerapan SPT Tahunan dengan e-Filing seperti belum banyak Wajib Pajak yang mengetahui tentang e-Filing.