Abstrak


Penerapan model kooperatif tipe think talk write (ttw) dengan media chartdalam peningkatanpembelajaran ips tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan indonesia pada siswa kelas v sdn Muktisari tahun ajaran 2015/2016


Oleh :
Ris Septiara - K7112207 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan media chart, (2) meningkatkan pembelajaran IPS melalui penerapan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan media chart, (3) menemukan kendala dan solusi pada penerapan model kooperatif tipeThink Talk Write (TTW) dengan media chartdalam peningkatan pembelajaran IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesiapada siswa kelas V SDN Muktisari tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Muktisari yang berjumlah 21 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru, observer, dan dokumen. Teknik dalam pengumpulan data terdiri dari nontes dan tes,teknik nontes terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data diuji menggunakan strategi triangulasi sumber dan metode. Analisis data terdiri dari analisis data kuantitatif dan kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model Think Talk Write (TTW) dengan media chart,yaitu: (a) think dengan media chart, (b) talk dengan media chart, dan (c) write, (2) penerapan model Think Talk Write (TTW) dengan media chart dapat meningkatkan pembelajaran IPS, dibuktikan dengan peningkatan penerapan model Think Talk Write (TTW) dengan media chartoleh guru pada siklus I-III, yaitu: 73,96%, 83,75%, 91,04%, dan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu 74,18%, 80,95%, 92,62%, (3) kendala penerapan model Think Talk Write (TTW) dengan media chart, yaitu: (a) minat membaca siswa rendah, (b) siswa kerap tidak fokus, (c) perkataan guru sering masih berupa perintah, bukan motivasi, dan (d) kesadaran berkelompok siswa kurang. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut, yaitu: (a) siswa meningkatkan minat membaca, (b) guru mengefektifkan presentasi dan melibatkan siswa dalam penjelasan materi, (c) guru meningkatkan kemampuannya dalam memotivasi siswa, dan (d) guru menjelaskan manfaat berkelompok.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model Think Talk Write (TTW) dengan media chart dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesiapada siswa kelas V SDN Muktisari tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: Think Talk Write,chart, IPS