Abstrak


Asuhan kebidanan ibu bersalin pada ny. h g1p0a0 umur 23 tahun dengan kala ii lama di rsud Surakarta


Oleh :
Inica Atiqa Salma - R0313022 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Angka kematian ibu yang disebabkan kala II lama sebesar 1,8 %. Angka kejadian kala II lama di RSUD Surakarta pada tahun 2015 sebanyak 1,18%  kasus persalinan. 

Tujuan : Untuk mempelajari dan memahami asuhan kebidanan pada kasus kala II lama secara komprehensif.

Metode : Observasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data melalui wawancara, observasi langsung dan studi dokumen. Analisis data dilakukan secara deskriptif berdasarkan 7 langkah Varney .

Hasil : Ny H G1P0A0 hamil 39+3 minggu datang dengan keluhan merasa perutnya kenceng-kenceng, sudah mengeluarkan darah sejak pukul 06.00 WIB, ketuban pecah pukul 01.30 WIB dan ingin mengejan, sudah dipimpin mengejan oleh bidan  pukul 01.30 WIB, selama 3 jam 2 menit. His tidak adekuat. Dilakukan persalinan dengan normal induksi. Hasil penelitian pada kasus ini adalah bayi lahir spontan.

Kesimpulan : Ny H G1P0A0 umur 23 tahun dengan kala II lama melahirkan dengan normal induksi. Pada pelaksanaan kasus kala II lama Ny H tidak muncul komplikasi, terdapat kesenjangan antara teori dan lahan yaitu tidak diberikan O2 dan vakum ekstraksi.

Kata Kunci : Asuhan Kebidanan, Ibu Bersalin, Kala II lama