Abstrak


Penilaian keluhan sistem muskuloskeletal dengan metode rapid entire body assessment (reba) pada pekerja operator mesin gerinda di area welding ii pt. inka (persero) Madiun, Jawa timur


Oleh :
Romadhani Putri - R.0013092 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Banyak pekerja yang melakukan pekerjaannya dengan postur yang tidak alamiah seperti membungkuk, berdiri dan jongkok. Kesalahan postur dapat mengakibatkan keluhan MSDs ataupun kelelahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan menilai terhadap keluhan sistem muskuloskeletal pada pekerja operator mesin gerinda dengan metode REBA.
Metode Penelitian : Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif, yaitu dengan cara memberikan gambaran yang jelas tentang penilaian keluhan sistem muskuloskeletal di area welding II PT. INKA (Persero). Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi kepustakaan.
Hasil Penelitian : Operator 1, 3, 4 memperoleh skor akhir REBA masing-masing 11, 8, 8 dan termasuk kategori risiko tinggi terhadap keluhan MSDs, sedang operator 2 memperoleh skor akhir REBA 6 dan termasuk kategori risiko sedang terhadap keluhan MSDs.
Simpulan Penelitian : Postur kerja yang berisiko menimbulkan keluhan MSDs seperti postur kerja dengan posisi membungkukan badan, menekuk kaki dan menundukkan leher. Keluhan MSDs yang dialami operator bersifat sementara.
Kata kunci : Metode Rapid Entire Body Assessment (REBA), Keluhan Sistem Muskuloskeletal