Abstrak


Asuhan kebidanan keluarga berencana pada ny.s p2a0 akseptor suntik depo provera dengan spotting di puskesmas gajahan Surakarta


Oleh :
Yanuary Hayunda Umi Sholikhah - R.0313055 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Akseptor KB suntik di Indonesia sebanyak 48,13%. Akseptor KB suntik 3 bulan di Puskesmas Gajahan sebanyak 37,7%, dan akseptor KB suntik 3 bulan dengan spotting sebanyak 3,95%.
Tujuan : Mempelajari dan memahami pelaksanaan asuhan kebidanan keluarga berencana pada Ny.S P2A0  akseptor suntik Depo Provera dengan Spotting di Puskesmas Gajahan Surakarta secara komprehensif dengan pendekatan manajemen Varney.
Metode : Observasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Cara pengambilan data melalui wawancara, observasi langsung dan studi dokumen rekam medik. Analisis data dilakukan secara deskriptif berdasar 7 langkah Varney.
Hasil : Ny.S akseptor suntik Depo Provera datang mengalami flek-flek sejak 3 hari yang lalu. Klien diberikan konseling terjadinya spotting dan disuntik Depo Provera yang ketiga. Kunjungan rumah hari keempat pasien tidak mengeluarkan bercak darah sejak kemarin.
Kesimpulan : Ny.S akseptor KB suntik Depo Provera dengan spotting. Pasien tidak mengeluarkan bercak darah sejak hari ketiga. Kesenjangan yang terjadi yaitu tidak dilakukan pemeriksaan inspekulo untuk memastikan pengeluaran darah bercak dari jalan lahir. 

Kata Kunci : Asuhan kebidanan, Keluarga berencana, Spotting