Abstrak


Asuhan kebidanan pada balita n umur 19 bulan dengan infeksi saluran pernafasan akut dan diare cair akut di rsud Sukoharjo


Oleh :
Irine Khalisna Jauhar - R.0313025 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Penyebab angka kematian balita di Indonesia di antaranya diakibatkan oleh diare (14,3 %) dan ISPA (5,1%). Di RSUD Sukoharjo terdapat 6,28 % balita dengan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan 5,79 % balita dengan Diare Cair Akut (DCA).Tujuan dari Karya Tulis Ilmiah ini adalah ntuk mempelajari dan memahami pelaksanaan asuhan kebidanan pada Balita N umur 19 bulan dengan ISPA dan DCA di RSUD Sukoharjo secara komprehensif.
Metode : Jenis penelitian observasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian balita N umur 19 bulan dengan ISPA dan DCA di RSUD Sukoharjo. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan prinsip 7 langkah Varney dan data perkembangan dengan SOAP. 
Hasil : Balita N umur 19 bulan dengan ISPA dan DCA. Telah dilakukan perawatan berupa terapi prebiotik, zinc, antibiotik, dan pereda batuk, serta dilakukan rehidrasi pada anak sehingga kondisi anak semakin baik. Terdapat kesenjangan antara teori dan praktik yaitu pemberian zinc yang hanya 3 hari (saat perawatan di rumah sakit).
Kesimpulan : Setelah dilakukan perawatan selama 3 hari kepada balita N umur 19 bulan dengan ISPA dan DCA, kondisi anak membaik. Tidak diberikan zinc selama 10 hari.

Kata Kunci : Asuhan Kebidanan, ISPA, Diare Akut