Abstrak


Pengaruh mengonsumsi teh rosella terhadap penurunan tekanan darah tinggi di posyandu lansia Kelurahan Jebres


Oleh :
Faulivian Oji Fauzah - R.1115040 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Penderita hipertensi yang tidak diobati memiliki peluang dua kali lebih besar terkena penyakit stroke dan jantung. Obat non farmakologis dapat digunakan sebagai alternatif dalam menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya dengan mengonsumsi teh Rosella. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh teh Rosella terhadap penurunan tekanan darah tinggi di posyandu Lansia Kelurahan Jebres.
Metode: Jenis penelitian quasy-experiment dengan non-randomized control group pretest-postest design. Lokasi penelitian di RW 18 dan RW 19 Kelurahan Jebres. Subjek penelitian lansia usia 45-65 tahun yang memenuhi kriteria. Besar sampel terdiri dari 17 kelompok eksperimen dan 17 kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan Sphignomanometer jarum, stetoskop, dan lembar observasi. Analisis data menggunakan Mann-Whitney.
Hasil: Uji Mann-Whitney memiliki hasil p-value 0,000 sehingga ada pengaruh yang signifikan antara sebelum mengonsumsi teh Rosella dan sesudah mengonsumsi teh Rosella.
Simpulan: Ada pengaruh mengonsumsi teh Rosella terhadap penurunan tekanan darah tinggi di posyandu Lansia Kelurahan Jebres. Teh Rosella dapat dijadikan salah satu alternatif pengobatan non farmakologis pada penderita hipertensi di masyarakat.
Kata Kunci: teh Rosella, tekanan darah tinggi