Abstrak


Pengaruh konseling terhadap tingkat kecemasan ibu primigravida dalam menghadapi persalinan di bpm hj. sri lumintu tahun 2016


Oleh :
Latifah Nur Rahmadani - R.1115054 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Perubahan ibu hamil tidak hanya perubahan fisik, tetapi juga psikososial, salah satunya kecemasan dan apabila tidak ditangani dengan baik dapat memberikan dampak buruk baik bagi ibu maupun janin. Konseling merupakan salah satu cara menurunkan tingkat kecemasan ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh konseling terhadap tingkat kecemasan ibu primigravida dalam menghadapi persalinan di BPM Hj. Sri Lumintu Tahun 2016.
Metode: Jenis penelitian pada penelitian ini adalah quasy experimen dengan pendekatan non randomized control group pretest posttest design. Penelitian ini dilakukan di BPM Hj. Sri Lumintu. Sampel sejumlah 34 ibu primigravida trimester III, yaitu 17 ibu kelompok kontrol dan 17 kelompok eksperimen dengan metode purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner HRS-A yang telah dimodifikasi. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Chi Square dengan program SPSS 16.0.
Hasil Penelitian: Hasil uji Wilcoxon tingkat kecemasan kelompok kontrol pada saat pretest maupun posttest diperoleh nilai signifikansi 1,000 sedangkan pada tingkat kecemasan kelompok eksperimen nilai signifikansi sebelum dan sesudah diberi konseling 0,000. Berdasarkan uji Chi Square, nilai signifikansi kelompok kontrol dan eksperimen sesudah intervensi adalah 0,037.
Simpulan: Terdapat pengaruh konseling terhadap tingkat kecemasan ibu primigravida dalam menghadapi persalinan di BPM Hj. Sri Lumintu Tahun 2016.
Kata kunci: Konseling, Kecemasan, Ibu Primigravida Trimester III