Abstrak


Pengaruh penambahan keong emas (pomacea canaliculata) dalam pakan komersial terhadap pertumbuhan ikan lele dumbo (clarias gariepinus)


Oleh :
Zulfi Afrizal Fadly - M.0411081 - Fak. MIPA

Lele dumbo merupakan ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Tingginya harga pakan merupakan salah satu kendala yang menghambat produksinya. Oleh karena itu sangat penting untuk mengembangkan pakan dengan bahan baku yang mudah diperoleh, biaya rendah dan memiliki kandungan nutrisi yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan kadar protein ikan lele dumbo setelah pemberian pakan keong emas dalam pelet komersial, serta menentukan konsentrasi penambahan keong emas yang optimal untuk meningkatkan pertumbuhan ikan lele dumbo.
Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL). Terdiri dari 4 kelompok perlakuan dengan konsentrasi yang berbeda dari keong emas, yaitu 0%, 25%, 50%, dan 75%. Pertumbuhan panjang ikan lele, pertumbuhan berat, tingkat kelangsungan hidup dan kadar protein daging ikan diukur setiap 10 hari sekali selama 60 hari. Uji analisis proksimat pakan campuran juga dilakukan. Data dianalisis dengan analisis sidik ragam (Anova) dan dilanjtukan dengan uji DMRT (Duncan’s Multiple Ranges Test) taraf uji 5% apabila perlakuan memberikan pengaruh yang signifikan.
Hasil analisis menunjukan bahwa penambahan keong emas dalam pakan komersial tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pertumbuhan dan kadar protein ikan lele dumbo. Penambahan konsentrasi 25% keong emas adalah perlakuan yang optimal untuk meningkatkan pertumbuhan ikan lele dumbo, karena dapat mengimbangi pertumbuhan yang diberi pakan komersial.
Kata kunci :Clarias gariepinus, Pomacea canaliculata, pelet, pertumbuhan ikan