Abstrak


Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Ndonesia Periode 2011-2014)


Oleh :
Rosi Setyawati - F0312108 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menemukan bukti empiris mengenai pengaruh corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan properti dan real estate di Indonesia. Indikator corporate governance yang digunakan adalah proporsi dewan komisaris independen, ukuran dewan direksi, ukuran komite audit, dan jumlah rapat komite audit. Kinerja keuangan perusahaan diukur dengan return on equity (ROE) dan return on asset (ROA). Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan property dan real estate selama periode 2011-2014 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 28 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda.
Dari hasil pengujian hipotesis, menunjukkan bahwa pengaruh corporate governance yang diproksi oleh ukuran dewan komisaris independen dan jumlah komite audit mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diproksi dengan Return on Equity (ROE), dan proporsi dewan komisaris independen juga mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap Return on Asset (ROA). sedangkan jumlah komite audit mempunyai hubungan yang negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap Return of Asset (ROA). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa corporate governance yang diproksi oleh proporsi dewan direksi dan jumlah rapat komite audit hubungan yang negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap ROE maupun ROA.


Kata kunci : corporate governance,return on quity (ROE), return on asset (ROA), kinerja keuangan perusahaan.